Socotra , Planet Lain yang Ada di Bumi

 Ada sebuah pulau misterius di lepas pantai Yaman yang berisi pemandangan unik dan paling aneh,
yang tetap terisolasi selama jutaan tahun dan tidak dapat ditemukan di tempat lain di Bumi ini.
Pohon-pohon dan tumbuhan memiliki penampilan yang berbeda dan paling aneh yang pernah ditemukan.




Pulau Socotra merupakan bagian dari wilayah Republik Yaman. Pulau ini sangat terpencil, yang bahkan para wisatawanpun tidak pernah berkunjung kesana. Tempat ini tidak pernah dipromosikan meskipun memiliki kelebihan yang menarik. Pulau Socotra memiliki flora dan fauna yang tidak pernah kita lihat di manapun. Socotra telah di calonkan sebagai ‘one of the new seven wonders of the word’. 


Hingga saat ini, sebagian ilmuwan berpendapat flora dan fauna di pulau ini merupakan spesies yang hidup di masa lampau dan belum pernah diidentifikasi sebelumnya. Karena letak pulau yang terasing dari dunia luar dan karakteristik iklimnya yang unik, flora dan fauna ini masih bertahan hidup hingga saat ini. Pulau ini terus dipertahankan keasliannya oleh UNESCO dengan segala keanehan di dalamnya.

Saat ini para ilmuwan berpendapat bahwa makhluk hidup yang ada di pulau Socotra adalah sejenis makhluk hidup yang berasal dari masa lampau dan belum pernah teridentifikasi sebelumnya. Menurut mereka, Pulau Socotra terbentuk sejak jutaan tahun lalu dengan kondisi yang sama seperti saat ini. Bentuk dan keberadaan pulau ini tidak pernah terganggu oleh pergerakan geologi dari wilayah bumi lainnya.


Karena sejak dahulu tidak terjamah, maka habitat di pulau ini menjadi bersifat endemik yaitu tidak ditemukan di daerah lain.

Dunia wisata menyebut pulau ini sebagai 'Dunia Yang Hilang". Di wilayah ini paling tidak ada 900 jenis tanaman aneh yang ditemukan. Salah satu flora aneh yang ditemukan disini adalah pohon Darah Naga (Dracanea Cinnabari). Keanehan pohon Darah Naga ini terletak pada getahnya yang berwarna merah. Selain itu bentuknya yang seperti payung pun memang terlihat unik. Banyak yang menganggap bahwa getah pohon ini dapat dijadikan obat.







Tidak hanya tumbuh-tumbuhan, pulau Socotra juga kaya akan hewan yang cantik namun belum pernah ditemukan di tempat lain, serta pemandangan alam socotra seolah telah di disain begitu indah dan unik sebagai sebuah mahakarya alam yang kan membuat siapapun yang melihatnya akan berdecak kagum, berikut dapat kita lihat sebagian kecil dari penampakan alam socotra yang begitu mempesona.



Socotra adalah rumah bagi tiga medan geografis : dataran pantai sempit , dataran tinggi batu kapur diresapi mdengan gua karst , dan Pegunungan Haghier .


















































































































































Share this

Related Posts

First